PENGERTIAN HARDWARE
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesianya
disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari
sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh
manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk
mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang
telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan
istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti
olehhardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai
kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Bagian utama pada computer adalah CPU (Central Processing Unit), yang
berfungsi sebagai otak dari computer. Untuk dapat bekerja, CPU
memerlukan alat masukan untuk memasukan informasi ataupun perintah.
Hasilnya akan di keluarkan melalui alat keluaran. Informasi ataupun data
dapat juga di ambil dan di simpan dari dan ke media penyimpanan.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang
merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling
bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak
berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan
baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat
keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi
menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process,
output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse,
Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication,
Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan
printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD
ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.
Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau
sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen
Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari
luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya
digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard
dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk
bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk
mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat
dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat
melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke
dalamkomputer.
Input device berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan
processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data
yang dimasukkan ke dalam sistemkomputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam
sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang
digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain
digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan
program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi
dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse,
touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
•
Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu
sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched
card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaankeyboard komputer
berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh
Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan
dipasarkan oleh perusahan Remington.Keyboard yang digunakanan sekarang
ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan
sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang
yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2,
usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK 3.) KLOCKENBERG
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain
itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengankeyboard .
Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah
berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik
sebagaiinput device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse,
sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse
terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu
tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan
tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana
penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan
diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya
dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah
atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol
kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda
(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut
dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu
mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan
notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini
dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model
unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk
modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen
memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya kekomputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam
sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya
berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalamkomputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi
alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di
supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi
produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau
menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam
memorikomputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam
harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin
fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada
kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor
terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun
file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa
digunakan untuk mendeteksi lembar jawabankomputer. Scanner yang biasa
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer ) pada ulangan
umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang
disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang
beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character
Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR
(Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner
untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti
formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus
dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya
seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga
komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan
Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik
dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.
Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan
pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera
biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam
memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan
atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat
ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil
gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau
bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan
suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan
suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara
kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon
ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan
suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer
Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil,
dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics
pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum
(stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan
rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif
sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang
dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua,
menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar
pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
K. Touch screen
Touch screen mempunyai kemampuan menampilkan dan menerima
informasi langsung pada layar yang sama. dengan demikian, kita dapat
langsung berinteraksi dengan computer tanpa menggunakan mouse ataupun
keyboard. Terkadang kita cukup meyentuhkan jari langsung pada layar atau
memerlukan alat tambahan seperti light pen ataupun jarum khusus
2. Unit keluaran (output device)
Alat keluaran bisa diartikan sebagai peralatan yang
berfungsi untuk mengelarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data
yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat di baca oleh
manusia ataupun dapat di gunkan sbagai penyimpanan data hasil proses.
Ø Jenis-Jenis Unit Keluaran
- Monitor
Monitor komputer adalah alat keluaran yang dapat menampilkan
gambar yang dihasilkan komputer komputer tanpa rekaman permanen. Monitor
komputer biasanya menggunakan teknologi tabung sinar katode (CTR=
cathode ray tube), atau dapat juga terdiri atas panel datas seperti TFT
LCD (liquit crystal display)
- LCD Proyektor
LCD Pryektor mempunyai kegunaan seperti monitor, hanya saja gambar
yang di keluarkan akan di tampilkan di layar atau sembarang permukaan
yang datar. Alat ini sering di gunakan untu presentasi atau pertunjukan.
Keberadaan LCD Proyektor ini mulai menggantikan Slide Projector ataupun
OHP (Over Head Projector)
Dengan lensa yang dapat
memproyeksikan gambar pada layar atau permukaan datar maka hasilnya akan
dapat terlihat sangat besar sehingga kita tidak perlu menggunakan TV
ataupun monitor yang besar..
·
- Printer
Printer adalah alat keluaran yang menghasilkan hard copy
dari dokumen yang di simpan dalam bentuk elektronik, biasanya pada media
fisik seperti kertas ataupun transparansi. Secara singkat printer dapat
menghasilkan teks, tulisan ataupun gambar dari komputer yg di cetak
pada media seperti kertas. Biasanya printer di hubungkan langsung ke
komputer dengan menggunakan kabel printer atau kabel USB yang mempunyai
dokumen yang akan di cetak.
·
- Speaker
Speaker komputer adalah speaker eksternal yang biasanya di
lengkapi dengan jack plug stereo 1/8 inci untuk sound card computer.
Terkadang orang menghubungkan sound card dengan speaker USB.